Cara Mudah Untuk Budidaya Ikan Air Tawar

Banyak orang yang kini mulai melirik usaha budidaya ikan, mengingat untuk pemesanan yang ada dipasaran akan selalu bertambah di tiap harinya, sehingga ini merupakan salah satu alasan yang dapat dijadikan peluang.  Untuk harga jualpun juga masih bisa dikatakan stabil dan menguntungkan, karena masih terbatasnya hasil budidaya ikan dari nelayan. Selain memiliki peluang yang sangat bagus, untuk budidaya ikan air tawar sendiri juga tidak terlalu sulit, hanya saja anda memang harus bisa menekuninya.

Dan juga untuk tetap konsisten dalam merawatnya. Akan tetapi memang ada beberapa cara atau beberapa tips yang harus anda ketahui, karena apabila anda juga tidak memiliki bekal pengetahuan serta pengalaman sama sekali tentang budidaya ikan, maka juga akan membuat anda jadi kesulitan dan akan menjadi repot sendiri. Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan memberikan anda beberapa cara mudah untuk budidaya ikan air tawar yang harus anda lakukan dan anda tekuni dalam menjalankan usaha budidaya ikan air tawar.

sumber agribisnis.org

Memilih kolam untuk budidaya

Sebelum anda menjalankan usaha budidaya ikan air tawar ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu tentang kegunaan kolam dalam berbudidaya, sehingga anda bisa mempertimbangkan untuk kiranya membuat ukuran kolam yang sesuai dengan jumlah ikan yang akan anda budidayakan, karena jenis dan ukuran kolam juga tidak bisa anda sepelekan, karena hal ini akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan anda dalam membudidayakan ikan air tawar.

Jika anda baru akan mencoba membudidayakan ikan dengan jumlah yang kecil, maka anda bisa memilih jenis kolam terpal, karena biaya yang dibutuhka untuk membuat kolam terpal juga masih relatif kecil, dan cara merawat kolamnya juga tidak susah. Namun apabila anda langsung berani untuk memulai usaha budidaya ikan dengan skala yang besar maka langkah tepat untuk memilih jenis kolam yakni kolam tembok.

Pemilihan bibit ikan air tawar

Pemilihan bibit ikan air tawar  juga salah satu hal yang harus anda pertimbangkan matang-matang. Karena anda harus bisa mengenali jenis ikanya dengan baik. Jika anda sembarang saja main isi bibit ikan maka itu merupakan hal yang sangat fatal.

Terlebih untuk skala pembudidayaan ikan yang besar, karena nelayan akan memulainya dari pemijahan hingga ke tahapan untuk membesarkan ikan, pemijahan sendiri bukan proses yang mudah, karena anda harus menguasai beberapa pengetahuan serta pengalaman yang cukup agar usaha budidaya ikan anda tidak gagal, untuk proses pemijahan biasanya dilakukan dari mengawinkan hingga menetaskan telur ikan dalam kondisi yang baik, yang selanjutnya ikan tersebut akan anda bawa memasuki tahapan berikutnya.

Pemberian pakan untuk ikan

Untuk pemberian pakan ikan mungkin bisa anda sesuaikan dengan jenis ikan yang sedang anda budidayakan. Karena secara umum tidak semua ikan bisa diberi makan yang sama, karena ikan juga membutuhkan nutrisi masing-masing.

Jika pembudidaya ikan tidak memikirkan hal ini secara matang, maka disinilah kebanyakan kegagalan dimulai, karena apabila anda tidak paham dengan kebutuhan nutrisi ikan yang anda budidayakan maka jelas saja pertumbuhanya akan terganggu, bahkan hal yang lebih menakutkan yakni berakibat ke kematian. Anda juga bisa membaca artikel membuat sendiri pakan untuk ikan di website jempolkaki.com

Itulah cara atau tips untuk anda yang ingin melakukan usaha budidaya ikan air tawar, sebelum anda memulai suatu usaha baik yang skala kecil atau yang langsung skala besar ada baiknya untuk benar-benar memahami cara atau tipsnya terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *