Cara Budidaya Ikan Arwana yang Tepat, Mudah dan Menguntungkan

Sebelum anda ingin melakukan budidaya ikan arwana ada baiknya anda mengenali ikan tersebut lebih dulu, sekarang apakah anda tau tentang ikan arwana? Jika jawaban anda belum, maka anda harus banyak mengetahui terlebih dulu tentang ikan arwana, baik dari cara membudidayakanya dan masih banyak lagi yang harus anda perhatiakan lainya. Anda harus tau bahwa ikan arwana merupakan salah satu ikan yang cukup sulit untuk di budidayakan.

Hal ini disebabkan karena anda harus memiliki cukup modal untuk bisa membeli bibitnya saja, baru bibit. Dan kemudian ada lagi hal yang harus anda perhatikan seperti tempat pemeliharaanya, serta tips dan teknik lainya untuk menghasilkan ikan arwana yang bagus. Namun apabila anda sedang membaca artikel ini maka jangan khawatir karena kami akan memberikan tip penting untuk anda yang ingin melakukan pembudidayaan ikan arwana.

Perlu anda ketahui juga bahwa keuntungan yang anda peroleh dari membudidayakan ikan arwana juga bisa menjadi berlipat-lipat. Sehingga usaha anda dalam membudidayakanya selama ini akan terbayar lunas dengan keuntungan yang akan anda peroleh. Maka dari itu simak beberapa tip untuk membudidayakan ikan arwana sebagai berikut

Sediakan tempat penangkaran

Sebelum anda membudidayakan ikan apapun itu pastinya yang harus anda siapkan pertama kali yakni tempat penangkaran. Untuk ikan arwana maka anda harus menata tempat penangkaran arwana seperti membuat kolam dengan banyak batunya akan ikan arwana anda menjadi betah, dan berumur panjang. buatlah suasana kolam seperti akuarium.

Menjaga Ph air

Kandungan Ph air yang baik untuk budidaya ikan arwana yakni 6 sampai 7, kolam penangkaran ikan arwwana juga harus memiliki air yang selalu jernih dan usahakan dalam kondisi air yang mengalir. Dengan demikian maka anda harus membuat filter.

Suhu air

Suhu air yang cocok untuk membudidayakan ikan arwana yakni harus stabis diantara 26 sampai 30 derajat celcius. Membudidayakan ikan arwana juga membutuhkan pencahayaan yang secukupnya, sehingga jangan di paparkan dibawah inar matahari secara langsung.

Memilih jenis ikan

Memilih jenis ikan arwana memang cukup banyak, hanya saja anda juga harus menyesuaikan keadaan kantong anda, karena untuk bibitnya arwana saja sudah mahal

Pembesaran benih

Untuk pembesaran benih sendiri bisa dilakukan ampai arwana berukuran 12 cm. Untuk benih yang masih kecil maka makananya cukup dengan cacing pita. Namun apabila ikan arwana anda sudah besar maka harus dipisahkan dari bibit lainya, karena arwana merupakan ikan yang memakan segala meskipun itu anaknya sendiri.

Proses memelihara

Proses pemeliharaan ikan bisa anda lakukan dengan berbagai cara, yang jelas anda harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ikan arwana, selebihnya anda juga bisa memberikan vitamin untuk membuat arwana anda tetap dalam kondisi yang baik dan unggul.

Pakan ikan

Untuk pakan ikanya sendiri merupakan gabungan dari pelet yang mengandung 30% protein. Untuk memberikan pakan ikan juga harus anda perhatikan, biasanya jika memelihara ikan arwana maka pakan diberikan pada pagi dan sore hari.

Demikian tips mudah untuk budidaya ikan arwana yang bisa anda lakukan sebagai pemula, dalam membudidayakan ikan ada satu hal yang harus anda ingat, yakni ketekunan dan keuletan anda dalam berbudidaya. Dan pastikan anda juga mengenali dengan baik jenis ikan yang sedang anda budidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *