3 Game untuk Ice Breaking yang Cocok untuk Anak SD sampai Remaja

GAME UNTUK ICE BREAKING – Ada kalangan suatu kelas diselubungi kebekuan yang luar biasa. Murid mengantuk, mengobrol sendiri, sampai-sampai guru menyampaikan materi tidak ada yang menggubris. Pada masa-masa seperti inilah diperlukan game untuk ice breaking.

Cara memainkan game ini sangat mudah dan sederhana. Tujuannya agar murid mendapatkan fokus kembali dalam menyerap pelajaran dari guru. Sekaligus bisa meningkatkan tali pertemanan antar murid yang lain.

Game ini sangat populer diterapkan di sekolah maju. Sementara di Indonesia masih saja ditemukan kebekuan di kelas, tetapi sang guru membiarkan. Padahal tujuan mereka sekolah untuk mendapatkan ilmu. Ada 3 game ice breaking yang bagus dan mudah diterapkan.

[toc]

Game Tebak Kata untuk Ice Breaking saat Murid Jenuh

game untuk ice breaking
pixabay.com

Permainan ini sangat populer dari masa ke masa dan sangat cocok untuk anak SD hingga remaja. Caranya, seorang guru menyebutkan sebuah kata, kemudian murid yang ditunjuk diminta menyebutkan kembali. Mereka yang sibuk mengobrol sendiri pasti kikuk.

Variasi dari game ini bisa ditingkatkan berdasarkan level kelas maupun strata pendidikan. Contoh pertama tadi sangat cocok diterapkan untuk anak SD kelas 1-3. Soalnya mereka cenderung ramai sendiri ketika berada di dalam kelas.

Khusus untuk yang remaja, game ini bisa dibikin lebih serius. Misalnya dengan membentuk kelompok berdasarkan urutan meja yang membujur. Kalau kebetulan di tengah pelajaran Geografi, masukkan materi ke dalamnya. Begitu pula dengan pelajaran lain.

Para murid pasti tanpa sadar mendapatkan dua hal sekaligus. Mereka bisa sebenar-benarnya bermain sambil belajar. Biar lebih greget, beri award kecil-kecilan untuk kelompok yang berhasil mencetak skor tebakan terbanyak.

Game Temukan Kata Lagu untuk Ice Breaking saat Murid Mengantuk

game untuk ice breaking
pixabay.com

Lagu sangat disukai oleh semua orang. Rupanya lagu juga bisa dibikin jadi game untuk ice breaking yang seru saat berada di kelas. Cara bermainnya juga cukup sederhana. Anak SD maupun remaja SMP dan SMA pasti bisa dengan mudah menerapkannya.

Caranya, ambil sebuah lagu yang familiar. Kalau untuk anak SD, ambil lagu Burung Kenari. Kalau sudah Remaja, ambil lagu Garuda di Dadaku. Bagi satu kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing terdiri dari 5 sampai 5 murid.

Masing-masing kelompok diberi sebuah potongan lagu yang sama. Akan tetapi ada kata yang sengaja dihilangkan. Kemudian kelompok tersebut disuruh menyanyikan sesuai teks. Siapa yang lebih cepat menemukan kata yang hilang, kelompok tersebut yang menang.

Game Sebut 3 Kata untuk Ice Breaking Konsentrasi Murid yang Turun

game untuk ice breaking
pixabay.com

Konsentrasi murid kerap turun jelang bel pulang atau bel istirahat. Pada masa seperti ini seringkali ilmu yang disampaikan guru sulit masuk. Maka, langkah alternatifnya dengan bikin game sebut 3 kata yang berkaitan dengan pelajaran.

Kita contohkan saja. Misalnya pada pelajaran Biologi. Maka bagilah murid sekelas dan bagi ke dalam beberapa kelompok. Anggarkan saja waktu 15 menit. Coba murid disuruh menyebutkan 3 kata yang berkaitan dengan avertebrata. Kasih waktu 10 detik.

Kelompok yang berhasil memenuhi pertanyaan sebanyak-banyaknya, maka mereka dibolehkan istirahat lebih dulu. Cara melontarkan pertanyaan secara bergantian. Game ini bikin konsentrasi murid bangkit lagi. Selain itu juga bisa bikin sang guru lebih kreatif.

Game untuk ice breaking sangatlah bervariasi. Kalau dikumpulkan bisa lebih dari 100 jenis permainan. Tergantung apakah yang mengajukan game itu kreatif atau tidak. Anda juga boleh mencobanya di rumah bersama anak-anak ketika mereka tampak jenuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *