Hal-Hal Penting Terkait Kuliah di Korea Selatan

Kuliah di Korea Selatan – Apakah Anda tertarik untuk kuliah di Korea Selatan? Bukan hanya terkenal dengan boyband and girlband-nya, banyak universitas terkenal di Korea Selatan yang menjadi incaran para calon mahasiswa. Tidak heran jika jumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di negeri Ginseng ini semakin meningkat tiap tahunnya.Jika Anda ingin melanjutkan jenjang pendidikan di Korea Selatan, berikut ada beberapa informasi yang bisa dipelajari sebelumnya.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kuliah di Korea Selatan

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kuliah di Korea Selatan

Ketika menonton lewat layar kaca, Anda mungkin akan terbayang betapa indah dan menariknya Korea Selatan. Tak hanya itu, orang-orangnya pun terlihat ramah dan menyenangkan di drama dan filmnya.Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di luar itu, seperti di bawah ini.

  • Orang-orang di Korea tidak seramah yang dibayangkan.Kebanyakan dari mereka lebih bersifat individualis dan kurang ramah terhadap orang asing, terutama yang tidak bisa berbahasa Korea.
  • Anda mungkin akan mendapatkan beberapa pandangan aneh ketika memakai atribut keagamaan seperti jilbab karena di Korea hampir 50% warganya tidak memeluk agama apapun.
  • Sulitnya mencari makanan halal. Walaupun sudah ada Korean Halal Industry Association, namun makanan halal masih sangat jarang dan harganya mahal.
  • Jika Anda merupakan fans idol Korea, jangan berharap untuk bisa sering bertemu mereka di universitas atau tempat mereka menempuh pendidikan.
  • Anda mungkin masih menemui beberapa dosen Korea yang memberikan perlakuan yang berbeda pada mahasiswa asing. Mereka mungkin akan lebih memberikan perhatian kepada mahasiswa Korea dibandingkan mahasiswa asing.
  • Pastikan untuk belajar Bahasa Korea secara benar karena ada beberapa tingkatan Bahasa mulai dari formal, kasual, dan santai. Jangan sampai salah mengaplikasikan agar Anda tidak mendapat teguran karena dianggap tidak sopan.
  • Apabila Anda ingin kuliah sambil bekerja, Anda harus setidaknya sudah tinggal selama 6 bulan di Korea, memegang visa D-2 atau D-4, serta mendapatkan izin dari kampus.

Nah, bagi Anda pemburu beasiswa, Anda 2 jalur yang bisa dicoba, yaitu:

Kuliah di Korea Selatan Lewat Kedutaan Besarnya

Kuliah di Korea Selatan Lewat Kedutaan Besarnya

Pemerintah Korea Selatan secara rutin selalu membuka kesempatan beasiswa penuh kepada mahasiswa asing lewat jalur Korean Government Scholarship Program (KGSP).Lewat beasiswa ini, Anda bisa mendapatkan biaya kuliah, hidup, tempat tinggal, penelitian, asuransi, tiket pesawat.Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk mengikuti les Bahasa Korea selama setahun sebelum memulai kuliah.

KGSP memberikan kesempatan kepada Anda untuk memilik 3 universitas sesuai dengan minat. Pihak kedutaan nantinya akan mengirimkan aplikasi kepada universitas yang dipilih. Setelah lolos ditahapan administrasi, Anda akan menjalani tahap wawancara dan terakhir tes kesehatan.

Kuliah di Korea Selatan Langsung Mendaftar di Universitasnya

Kuliah di Korea Selatan Langsung Mendaftar di Universitasnya

Jika Anda hendak mendaftar langsung ke universitasnya, maka Anda hanya diperbolehkan mendaftar di satu universitas saja.Biasanya jenis beasiswa ini banyak dibuka bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan program Master. Anda bisa mencoba mendaftar lewat Korea International Cooperation Agency (Koica).

Pada umumnya, universitas yang dibuka meliputi Seoul National University, Sung Kyun Kwan University, Yonsei University, Haknyong National University, Hankook University of Foreign Studies, Pukyong National University, dan Korea University of Technology Education. Anda perlu memperhatikan secara detail tanggal dan persyaratan pendaftaran dari universitas masing-masing.

Kuliah di Korea Selatan Lewat Yayasan

Kuliah di Korea Selatan Lewat Yayasan

Ada 2 yayasan Korea Selatan yang membuka kesempatan beasiswa.

  1. Pertama, ada Korean Language Training Scholarship yang disponsori oleh International Trade Department. Jurusan yang dibuka adalah bidang bahasa dan budaya Korea.
  2. Kedua, ada the International Scholar Exchange yaitu program pertukaran pelajar yang disponsori oleh Korean Advanced Education Foundantion. Bagi Anda yang tertarik dalam isu energi, sosial serta komunikasi dan informasi, bisa mencoba mendaftar.

Nah, apakah Anda sudah menentukan jurusan dan universitas mana yang akan dipilih untuk melanjutkan studi di Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *