Pengelompokan Tanaman Berdasar Fungsinya

Tanaman adalah sekelompok tumbuhan yang sengaja dibudidayakan pada suatu media tertentu agar mengalami pertumbuhan yang baik dan dapat dipanen. Pada dasarnya semua tanaman merupakan tumbuhan. Tumbuhan sendiri ialah makhluk hidup yang tumbuh secara alami atau liar dari permukaan tanah.

Istilah tanaman digunakan untuk menyebut tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Orang akan menyebut bunga-bunga yang mempercantik taman sebagai tanaman hias, bukan tumbuhan hias. Begitu pula dengan tanaman herbal, tanaman pangan, dan lain-lain.

Setiap makhluk hidup diciptakan memiliki struktur dan bentuk yang beraneka ragam dengan fungsi masing-masing. Berbeda dengan manusia dan hewan yang struktur tubuhnya terlihat secara keseluruhan, pada tanaman kita hanya melihat struktur tubuh di permukaan tanah saja. Padahal, struktur tanaman terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga dengan tugas yang berbeda.

Akar berfungsi sebagai pengokoh berdirinya tanaman. Fungsi lainnya, antara lain: menyerap air dan unsur hara untuk fotosintesis, menyimpan cadangan makanan, dan sebagai alat pernapasan. Selanjutnya, batang mempunyai fungsi sebagai penyangga utama agar tanaman dapat berdiri tegak, pengangkut air dan mineral dari akar ke daun, juga mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.

Sedangkan, daun berfungsi sebagai tempat membuat makanan (fotosintesis). Pada permukaan daun terdapat mulut daun yang disebut stomata yang berfungsi sebagai alat pernapasan, tempat pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbonsioksida (CO2) dari udara dan melepas gas oksigen (O2) ke udara.

Struktur tanaman yang terakhir ialah bunga (baca selemgkapnya tentang bunga). Bunga mempunyai fungsi sebagai alat perkembangbiakan pada tanaman melalui penyerbukan. Pada umumnya, bunga memiliki bagian-bagian: mahkota bunga, kelopak bunga, putik, dan benang sari. Nah, penyerbukan terjadi saat serbuk sari jatuh ke kepala putik, lalu dilanjutkan dengan pembuahan.

Dari proses pembuahan akan mengahasilkan buah. Buah sendiri terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Biji inilah yang menjadi cikal bakal tumbuhan baru. Tumbuhan akan berkembangbiak dan beberapa diantara digunakan untuk fungsi tertentu menjadi tanaman budi daya.

Berikut pengelompokan tanaman menurut fungsinya.

Tanaman pangan

Tanaman pangan merupakan tumbuhan yang ditanam untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Misalkan tanaman sayuran, baik yang dapat dikonsumsi mentah maupun masak seperti mentimun, kubis, wortel, dan masih banyak lainnya. Contoh dari kategori lain yaitu umbi-umbian, seperti singkong, kentang, dan ketela.

Tanaman hias

Tanaman hias meliputi semua tumbuhan baik bunga, pohon, ataupun semak yang sengaja ditanam untuk fungsi estetik atau keindahan. Banyak orang menggunakanya sebagai penghias ruangan, kebun rumah, taman, juga dekorasi panggung dan riasan busana.

Tanaman obat

Banyak tumbuhan yang memiliki kandungan zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Sehingga manuasia memanfaatkannya untuk pengobatan. Sejak zaman dahulu manusia menggunakan tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit, hingga sekarang tanaman obat tetap populer di kalangan masyarakat.

Perkembangan medis yang semakin maju tidak membuat masyarakat meninggalkan obat-obat tradisional. Contoh tanaman obat diantaranya adalah: palawija, daun sirih, buah mengkudu, jeruk nipis, dan lain sebagainya.

Tanaman industri

Tanaman industri ini merupakan jenis tumbuhan yang dibudi daya dalam skala yang besar, karena untuk memenuhi kebutuhan industri. Contohnya, pohon jati untuk produksi bahan properti seperti meja, almari, dan kursi; karet untuk prosuksi ban kendaraan bermotor; perkebunan teh untuk prosuksi teh; dan masih banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *