Prosedur yang Benar Diet Alkaline yang Harus Anda Tahu

Banyak orang yang memiliki masalah berat badan berlebih. Dan diantara mereka juga banyak yang merasa tidak memiliki cara tepat untuk mengatasinya.

Diet sudah dilakukan tetapi tidak berhasil untuk menurunkan berat badan. Beberapa diantaranya malah ada yang mengaku jika setelah diet berat badan bukannya turun melainkan semakin naik. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya?

Tentunya Anda harus menemukan cara diet yang sesuai dengan metabolisme tubuh Anda mengingat setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda – beda. Inilah juga yang mengakibatkan seseorang dengan cara diet yang sama hasilnya berbeda.

Salah satu cara diet yang direkomendasikan adalah diet alkaline. Diet ini merupakan sebuah program diet yang dilakukan seseorang dengan cara mengonsumsi makanan yang bersifat basa. Prosedur dalam diet alkaline dapat Anda simak dalam informasi berikut ini!

Prosedur Dalam Diet Alkaline

Pelaku diet alkaline disarankan untuk mengonsumsi beragam makanan yang mengandung sifat basa didalamnya. Beberapa jenis makanan yang memiliki sifat basa diantaranya seperti semangka, markisa, apel, melon jingga, pisang, lemon, timun, mangga, kol, brokoli, jahe dan yang lainnya.

Makanan tersebut juga diperkaya dengan kandungan mineral, vitamin, serat dan juga kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Diet alkaline dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan pH tubuh seseorang dimana kadar pH tersebut akan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan produksi hormon.

Sementara pada wanita yang sedang mengalami masa menopause, peningkatan kadar hormon pertumbuhan dapat membantu memelihara fungsi dari organ jantung serta sekaligus dapat membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan yang juga meningkatkan kemampuan kognitif otak dalam mengingat dan berpikir.

Makanan yang bersifat basa juga dapat membantu menetralkan pH tubuh dan tentu sangat baik dalam mencegah resiko stroke serta sekaligus hipertensi dalam diri seseorang.

Dalam rangka menjalankan diet alkaline pada umumnya tidak ada panduan yang pasti dalam menjalankannya. Namun ada yang memang memberikan informasi bahwa aturan dalam diet alkaline dilakukan dengan memperbanyak makanan yang bersifat basa dengan perbandingan 4 : 1 disertai makanan yang lainnya.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah setiap kali Anda makan.

Selain itu dalam menjalankan diet alkaline setidaknya sekitar 80% bahan makanan yang harus dimakan harus tergolong alkaline sementara sekitar 20% sisanya harus merupakan makanan yang bersifat asam. Aturan makanan ini juga harus dilakukan setiap kali Anda makan atau minum bahkan mengonsumsi camilan.

Dengan Anda menjalankan program diet alkaline, seseorang tidak dilarang dalam mengonsumsi daging dan makanan mengandung karbohidrat hanya saja jumlahnya harus benar – benar dibatasi. Sebagian besar orang lebih memilih aturan makan sebanyak 60/40 untuk mulai menjalankan program diet ini.

Ada baiknya juga mereka yang menjalankan program diet alkaline setiap dua puluh menit sebelum makan siang dan makan malam mengonsumsi buah segar seperti halnya apel dan pisang. Akan tetapi Anda juga perlu menghindari makanan yang bersifat asam selama menjalankan diet ini.

Beberapa makanan yang bersifat basa seperti halnya daging ayam, susu, daging kalengan, minuman alkohol, keju dan juga minuman yang mengandung soda. Makanan semacam ini rata – rata mengandung pH sebanyak 2 – 3 sehingga harus dihindari oleh pelaku diet alkaline.

Demikian bagaimana prosedur yang benar diet alkaline yang harus Anda tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *