Fakta Menarik Rumah Adat Jawa Timur yang Bisa Kita Pelajari!

Rumah adat Jawa Timur memiliki banyak persamaan dengan arsitektur rumah adat Jawa Tengah. Jika Jawa Tengah menyebutnya Joglo, maka Jawa Timur menyebutnya Joglo Situbondo. Rumah joglo tentunya terbuat dari kayu jati murni. Kayu jati murni tentunya memiliki kekuatan yang lebih kuat dan lebih lama dari kayu yang lain.

Rumah adat joglo Situbondo ini memiliki perbedaan mendasar yang sangat mencolok dari rumah adat Joglo Jawa Tengah, yaitu pada bagian bentuk dan luasnya yang memang lebih kecil dan minimalis. Filosofi rumah Joglo Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa dilihat perbedaannya dari sisi desain dan bentuknya.

Ciri utama Rumah Joglo Situbondo biasanya memang dari segi kekohan kayu jatinya. Rumah Joglo Situbondo memang membutuhkan banyak biaya kalau ditafsir dari segi harga kayu yang semakin hari semakin mahal. Ada beberapa ruangan yang terdapat di dalam Rumah Joglo Situbondo yaitu sebagai berikut:

1. Pendopo

pendopo rumah joglo

Bagian yang paling depan dari Rumah Joglo Situbondo sebenarnya hamper sama dengan Rumah Joglo dari Jawa Tengah karena lengkap dengan pendopo. Pendopo biasanya dibuat dengan ukuran yang sangat luas sehingga lebih leluasa dalam menerima tamu.

Pendopo juga memiliki balai pertemuan yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Jawa. Biasanya pendopo ini digunakan sebagai tempat diskusi, musyawarah, dan mufakat. Acaranya pun bebas, biasanya memang untuk acara adat atau pun hajat tertentu yang sengaja digelar.

2. Ruangan Belakang

ruang belakang rumah joglo

Ruang bagian belakang dari Rumah Joglo Situbondo terbagi menjadi dua ruangan yang biasa digunakan untuk memasak atau sebagai dapur. Selain itu juga tersedia kamar tidur. Kamar tidur dalam Rumah Joglo Situbondo ini biasanya dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan tuan yang menghuni rumah.

Rumah Situbondo dilengkapi dengan penyekat kamar yang memang sengaja dindingnya dibuat dari papan kayu pembatas yang kuat. Dapur Rumah Joglo biasanya pun juga cenderung tradisional yang biasa digunakan sebagai tungku perapian.

Rumah Joglo Situbondo biasanya atapnya menjulang tinggi, khususnya pada bagian tengah. Ujungnya biasanya dihiasi sehingga muncul atap bernuansa khas. Pembagian kamar terbagi tiga yang ruangan dan letaknya dapat dilihat sebagai berikut:

  • Kamar kanan

Kamar kanan Rumah Joglo Situbondo biasanya diberi istilah dengan nama Sentong Tangen

  • Kamar tengah

Sentong tengan ialah kamar yang letaknya di tengah. Rumah adat Joglo Situbondo juga terdapat kamar.

  • Kamar kiri

Untuk kamar tepat di sebelah kiri Rumah Adat Joglo Situbondo atau biasa disebut dengan Setong Kiwo.

Dekorasi yang biasanya memang menggunakan ukiran di pintu rumah sehingga tidak tertinggal. Rumah adat Stitubondo bisanya membuat tempat yang ditempatinya terdapat ruangan yang skaral. Rumah adat Ada yang ternyata lebih seru dibandingkan dengan rumah adat yang lain.

teras rumah joglo

Pada bagian kiri Rumah Adat Joglo Situbondo biasanya dibangun untuk kamar tidur orang tua. Ruangan yang ada biasanya digunakan sebagai gudang tempat penyimpanan yang dapat menyediakan area kerajinan khas dari adat Jawa Timur.

Kita harus peka bagaimana bentuk rumah Joglo untuk Jawa Tengah dengan Rumah Situbondo yang terkenal kuat meski tak memakai bentuk rumah yang mewah. Kita harus tahu bagaimana rumah adat itu dibangunan buat tukar tombot.

Anda bisa berjualan sehingga mereka pasti senang dan bahagia sekarang bisa ikut kerja di rumah Situbondo yang menawarkan berbagai akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *