5+ Tips Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate Agar Cepat Diterima

Tips Wawancara Kerja – Setelah lulus dari kuliah yang dijalani bertahun tahun, kamu akan memasuki dunia kerja. Namun, sebelum benar benar terjun dalam dunia kerja, setiap fresh Graduate harus melewati satu tahapan yang selalu membuat hati berdebar debar, yakni tahapan seleksi untuk para pelamar kerja.

Selain melengkapi berkas berupa surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup, salah satu tahapan yang paling menegangkan dan juga sangat menentukan adalah interview kerja. Untuk surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup, ada banyak contoh surat lamaran kerja dan juga contoh cv yang menarik yang bisa kamu pelajari. Adapun terkait interview, di sini akan kita bagikan tips wawancara kerja agar cepat diterima.

Tips Wawancara Kerja Agar Cepat Diterima

cara sukses wawancara kerja
forbes.com

berikut ini beberapa tips agar kamu menjalani interview dengan sukse:

1. Tunjukkan pada HRD bahwa kamu adalah orang percaya diri

Ketika masuk ruang interview dan berhadapan dengan para HRD, kamu harus tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang semangat dan layak dipertimbangkan. Hal ini merupakan aspek yang sangat penting, apalgi jika pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya bersinggungan dengan banyak orang, misalnya bekerja di bank, teller, costumer servis, marketing, sales dan lainnya.

Dengan kerpercayaan diri tinggi yang kamu tunjukkan, peluang kamu diterima juga akan semakin besar karena perusahaan tentunya hanya ingin memperkerjakan orang yang semangat dan mampu menyelesaikan semua tugas tugas yang dibebankan. Jadi, sebelum kamu mengikuti interview, latihlah kepercayaan diri kamu. Persiapkan diri kamu agar bisa berbicara di depan HRD dengan rasa optimis yang tinggi

2. Saat ditanya, jangan pernah memberi jawaban “tidak”

tips wawancara kerjaa
gobankingrates.com

Para HRD yang yang mewancarai para pelamar pekerjaan bisa akan menayakan beberapa hal terkait dengan kemampuan kamu. Nah, dalam menjawab pertanyaan semacam itu, jangan pernah memberikan jawaban tidak. ;Misalnya, kamu ditanya “apakah kamu mampu Adobe premiere dan corel Draw?” atau “apakah anda mahir dalam mengoperasikan komputer?” Jangan pernah mengatakan tidak, apalagi jika hal hal di atas memang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu jalani setelah diterima.

Berikan jawan yang menunjukkan kalau kamu memang bisa walaupun pada dasarnya kamu belum terlalu mahir, ekmudian setelah itu kamu harus benar benar belajar dengan giat mempelajari apa yang ditanyakan di atas.

3. Jawab dengan tegas dan sesuai pertanyaan

Saat interview, banyak fresh graduate yang menjawab dengan bertele tele dan meluas ke mana mana, entah karena gugup, atau terlalu bersemangat atau karena tidak bisa memberikan jawaban dengan pasti. Ini merupakan kesalahan yang fatal, sebab HRD hanya menginginkan jawaban yang singkat, padat, tegas dan sesuai dengan pertanyaan.

Jawan yang bertele tele dan terkesan kurang nyambung akan membuat HRD mencap anda sebagai orang yang tidak tegas dan tidak bisa memberikan keputusan dengan cepat. Rahasianya adalah jawablah pertanyaan dengan jujur, tegas dan secukupnya sesuai dengan pertanyaan. Tidak perlu meyampaikan banyak hal yang tidak penting.

4. Jawab dengan baik pertanyaan mengenai motivasi kerja

Salah satu pertanyaan yang akan selalu ditanyakan oleh HRD saat wawancara kerja adalah tentang motivasi kerja. Hal ini karena, perusahaan tentunya hanya ingin menerima karyawan yang memiliki motivasi tinggi dan memiliki visi misi yang sejalan dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Apapun jenis pekerjaan yang ingin anda masuki, tunjukkan pada HRD bahwa anda benar benar memiliki motivasi tinggi pada pekerjaan tersebut. Termasuk pada hal hal yang ada kaitannya dengan peekrjaan anda nanti.

Demikian ulasan singkat mengenai tips wawancara kerja bagi fres graduate agar langsung diterima bekerja di sebuah perusahaan. Sebelumnya tentunya kamu harus melengkapi berkas berkas pendaftaran kamu, berupa contoh surat lamaran kerja, cv, surat pengalaman kerja dan berkas berkas lainnya.

Sebagai tambahan agar kamu bisa menjalani interview dengan baik, persiapkan diri kamu dan pelajari perusahaan yang ingin kamu masuki agar nanti kamu tidak kebingungan saat ditanya beberapa hal terkait perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *